IKLAN INTERNET
Dalam sejarah teknologi komunikasi
tidak ada media yang mampu menendingi internet dalam hal pertumbuhan jumlah
penggunanya. Di Negara maju, internet mengalahkan seluruh media sebagai
referensi untuk mendapatkan informasi.
Internet dapat di definisikan
sebagai suatu metode yang mendunia untuk saling tukar menukar informasi dan
berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi.
SITUS WEB
Situs web di internet adalah tempat
informasi disediakan kepada pengguna internet oleh penyedia informasi
(provider).
TUJUAN SITUS WEB
·
Penyebaran
Informasi
Salah satu tujuan penting penggunaan situs web adalah menyediakan
informasi secara lengkap dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan.
·
Menciptakan
Kesadaran
Iklan melalui media internet terkadang lebih bermanfaat dalam menciptakan
kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus menciptakan kesadaran
bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
·
Tujuan
Riset
Bagian pemasaran suatu perusahaan sering kali menggunakan situs web untuk
mengumpulkan data atau informasi mengenai profil konsumen.
·
Menciptakan
Persepsi
Banyak perusahaan membangun situs web yang dirancang dengan tujuan untuk
membangun persepsi perusahaan bersangkutan terhadap khalayaknya.
·
Percobaan
Produk
Perusahaan ada kalanya menggunakan situs web nya untuk menawarkan kupon
elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen agar bersedia
mencoba produk mereka.
·
Meningkatkan
Pelayanan
Banyak perusahaan merasakan manfaat situs web karena media ini mampu
memberikan informasi dan menjawab pertanyaan pelanggan serta membuka kesempatan
bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya.
·
Meningkatkan
Distribusi
Sejumlah perusahaan dapat nekerja sama untuk saling menampilkan iklan
produk mereka pada situs web mereka masing-masing.
FORMAT IKLAN INTERNET
§ Spanduk (Banner)
Bentuk iklan seperti ini sering digunakan pemasang iklan di internet
dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran atau pengenalan terhadap suatu produk
atau untuk tujuan pemasaran langsung.
§ Sponsorship
Format iklan di internet yang paling sering di gunakan setelah format
spanduk adalah sponsorship, yaitu dukungan pemasang iklan pada suatu situs
internet.
§ Pop-Up
Ketika anda membuka halaman situs web tertentu anda mungkin melihat jendela
kecil yang tiba-tiba muncul. Jendela kecil yang menampilkan informasi dari
pemasang iklan tersebut dikenal dengan
sebutan pop-up.
§ Iklan Sela
Iklans ela atau iklan antara adalah iklan yang tiba-tiba muncul di layar
monitor ketika pengguna internet sedang menunggu munculnya proses download isi suatu
situs web di internet.
§ Webcasting
Suatu bentuk iklan yang memungkinkan pemasang iklan secara proaktif
mengirimkan pesannya kepada konsumen. Melalui cara ini, konsumen tidak
dibiarkan mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan tetapi sebaliknya
mereka secara personal menerima informasi yang dibutuhkan.
§ Link
Melalui model ini, seseorang yang mengunjungi suatu situs web dapat
memperoleh informasi tambahan, jika ia mengetik suatu feature atau suatu ikon
pada situs web yang akan menghubungkannya dengan sumber informasi lain yang
berada di situs web yang lain.
KEUNGGULAN INTERNET
§ Target Konsumen Khusus
Kemampuan media secara efektif untuk membidik target konsumen yang
spesifik atau khusus tanpa menimbulkan pemborosan media.
§ Pesan Khusus
Sebagai hasil dari mendapatkan target konsumen yang terarah, pesan dapat
dirancang sedemikian rupa agar menarik dan dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan target audiensi tertentu.
§ Kemampuan Interaktif
Kemampuan internet untuk melakukan komunikasi interaktif memungkinkan
konsumen untuk lebih terlibat dengan produk yang ditawarkan perusahaan.
§ Akses Informasi
Keuntungan terbesar internet sebagai media adalah kemempuannya untuk
menyediakan informasi kepada penggunanya. Para pengguna internet dapat mencari
informasi apa saja dengan menggunakan situs web Yahoo atau Google.
§ Kreativitas
Suatu8 situs web yang dirancang menarik dan kreatif dapat mendorong atau
meningkatkan persepsi atau citra positif perusahaan sehingga konsumen akan
tertarik untuk berkunjung kembali.
§ Ekspos Luas
Melalui internet perusahaan akan mendapatkan perhatian dari konsumen
nasional bahkan internasional dalam waktu yang sangat cepat.
§ Kecepatan
Internet adalah instrument paling cepat untuk mendapatkan informasi
tersebut.
KETERBATASAN INTERNET
§ Jumlah Audiensi
Internet tidak menyediakan data yang akurat mengenai jumlah audiensi
pengguna internet atau jumlah orang yang berkunjung pada satu situs web.
§ Karakteristik Audiensi
Tidak tersedianya data akurat mengenai jumlah audiensi menyebabkan
sulitnya mengetahui karakteristik audiensi.
§ Proses lambat
Proses membuka situs web untuk mendapatkan informasi (download) terkadang
berjalan lambat. Hal ini biasanya terjadi jika situs web harus menerima bnayak
pengunjung dalam waktu yang bersamaan.
§ Penipuan
Saat ini internet belum menjadi media yang sepenuhnya aman terhadap
kemungkinan penipuan.
§ Biaya
Ongkos yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bisnis di internet
cenderung semakin meningkat, terlebih jika perusahaan menginginkan situs web
yang menarik dan dapat menimbulkan persepsi positif di mata khalayak.
§ Jangkauan Terbatas
Statistic menunjukan bahwa hanya sebagian kecil web site yang dapat
dijangkau oleh mesin pencari dan sebagian besar pengunjung internet ternyata
hanya berkunjung pada 50 situs teratas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar