PERENCANAAN MEDIA
Perencanaan media yang di persiapkan dengan baik akan
menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan
mendapat perhatian yang lebih besar dari target audiensi. Jenis produk (barang &
jasa) yang diiklankan juga mempengaruhi pemilihan media.
Pada umumnya, perusahaan menggunakan lebih dari satu media
untuk berpromosi kecuali anggaran media perushaaan bersangkutan lebih kecil. Penggunaan
berbagai media ini disebabkan beberapa alasan. Pertama, media yang berbeda memiliki cara penyampaian pesan yang
berbeda. Kedua, penggunaan satu media
tunggal jarang sekali mampu menjangkau setiap individu yang menjadi target
audiensi. Ketiga, strategi media
sering kali meminta penggunaan lebih dari satu media.
Dengan demikian, definisi perencanaan media adalah suatu
proses untuk mengambil sejumlah keputusan. Perencanaan media menjadi panduan
bagi seleksi media.
LANGKAH 1 : MENENTUKAN AUDIENSI
SASARAN
Tugas perencanaan media adalah
memilih kendaraan media dan menentukan pasar dengan konsumen yang memiliki
sifat atau karakteristik paling sesuai dengan konsumen sasaran. Kendaraan media
adalah pembawa pesan tertentu yang berada dalam suatu kategori medium. Misalnya
Kompas adalah kendaraan media cetak sedangkan RCTI adalah kendaraan media
elektronik. Semakin besar persamaannya, maka akan semakin baik. Dalam hal ini
harus diperhatikan bagaimana audiensi suatu media berbeda dengan populasi umum
lainnya. Misalnya, jika audiensi sasaran atau target audiensi suatu kendaraan
media memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengonsumsi suatu produk,
maka kendaraan media bersangkutan dapat dipertimbangkan digunakan menyampaikan
pesan.
MENENTUKAN CDI & BDI
Salah satu keputusan penting yang
harus di ambil perencana media adalah menentukan bagaimana anggaran iklan harus
dibagi atau didistribusikan di antara keseluruhan wilayah pemasaran dimana
produk perusahaan dipasarkan. Untuk mengetahui wilayah mana yang memiliki
tingkat penjualan yang lebih baik sehingga dapat diketahui media apa saja yang
dapat digunakan secara lebih efektif mendukung komunikasi pemasaran di suatu
wilayah, kita menggunakan CDI (Category
development index) yaitu suatu indicator angka tingkat konsumsi relative pada
suatu wilayah pasar dari suatu kategori produk tertentu.
Sedangkan untuk mengetahui tingkat
konsumsi terhadap suatu merek produk tertentu kita menggunakan metode ‘indeks
perkembangan merek’ atau BDI (brand development index) yaitu suatu indicator angka
dari perkembangan suatu merek tertentu pada suatu pasar relative terhadap pasar
lainnya dimana merek itu dijual.
LANGKAH 2 : MENENTUKAN TUJUAN MEDIA
Tujuan media menggambarkan apa yang
ingin dicapai suatu perusahaan berkenaan dengan penyampaian pesan suatu merek
produk. Tujuan komunikasi pemasaran menjelaskan apa yang diinginkan perusahaan
atas pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen terhadap produk perusahaan.
tujuan media menjelaskan bagaimana pemasar menyampaikan pesannya kepada
konsumen sedemikian rupa sehingga pesan menghasilkan efek terhadap pikiran,
perasaan, dan tindakan konsumen.
ANGGARAN IKLAN
Salah satu keputusan penting dalam
perencanaan strategi media adalah soal anggaran. Biaya ikaln dan biaya promosi
dapat dikelompokan dalam dua kategori, yaitu :
v Biaya absolut. Yaitu biaya yang
diperlukan untuk menempatkan iklan pada suatu media massa. Misalnya biaya yang
harus dikeluarkan untuk menempatkan iklan satu halaman penuh berwarna (full
color) di suatu majalah.
v Biaya relatif. Adalah biaya yang mengacu
pada hubungan antara biaya yang harus dibayar untuk waktu atau tempat yang
disediakan media dengan jumlah audiensi yang diperkirakan akan menerima pesan
iklan.
LANGKAH 3 : MENETAPKAN STRATEGI MEDIA
Tahap selanjutnya adalah menentukan
bagaimana cara mencapai tujuan tersebut yang dapat dilakukan dengan merencanakan
dan melaksanakan strategi media. Duncan mengemukakan pengertian strategi media
sebagai : idea tau gagasan mengenai bagaimana tujuan media akan dicapai melalui
seleksi berbagai kombinasi media. Menurutnya setiap tujuan media dapat memiliki
lebih dari satu strategi media. Strategi media menjelaskan antara lain bauran
media yang membahas mengenai media apa yang akan digunakan dan seberapa banyak.
LANGKAH 4 : MENETAPKAN JADWAL MEDIA
Perencanaan media harus dapat
melakukan penjadwalan atau scheduling yang tepat kapan suatu iklan harus muncul
di media amssa. Tujuan utama dari penjadwalan ini menurut Belch adalah mengatur
waktu berbagai kegiatan promosi yang bertepatan dengan potensi waktu pembelian
tertinggi. Ini berarti perencanaan media harus memilih kapan waktu yang paling
tepat agar pesan iklan dapat diterima oleh sebanyak mungkin target konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar