STRATEGI KREATIF IKLAN
Sebagian kalangan praktisi
periklanan menilai kreativitas dalam periklanan bukanlah sesuatu yang muncul
secara tiba-tiba, tetapi merupakan suatu proses. Kemungkinan paling besar untuk
memproduksi iklan yang kreatif dan sukses adalah melakukan sejumlah langkah
yang terorganisasi yang baik.
1. Persiapan, yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi latar belakang yang diperlukan untuk emmecahkan amsalah
melalui riset dan studi.
2. Inkubasi, yaitu ptoses mengembangkan idea
tau aggasan
3. Iluminasi, upaya mencari pemecahan
masalah
4. Verifikasi, yaitu upaya memeperbaiki idea
tau aggasan dan menentukan jika idea tau gagasan tersebut merupakan solusi yang
tepat.
KREATIVITAS IKLAN
Kreativitas adalah salah satu kata
yang mungkin paling sering dan umum digunakan dalam industry periklanan. Iklan bahkan
kerap disebut dengan kata “kreatif” saja. Mereka yang terlibat dalam produksi
iklan sering disebut dengan tim kreatif.
EKSEKUSI KREATIF
Eksekutif kreatif adalah cara
bagaimana suatu daya tarik iklan disajikan. Iklan yang memiliki daya tarik dan
memiliki pesan yang bermakna merupakan hal yang jelas penting, namun cara bagaimana
suatu eksekusi kreatif iklan dilaksanakan adalah tidak kalah pentingnya.
Suatu pesan
iklan dapat disajikan atau dieksekusi dalam berbagai macam cara yaitu :
1. Iklan Pesan Faktual
Jenis iklan ini menekankan pada penyajian atau presentasi pesan iklan
mengenai suatu barang atau jasa secara langsung.
2. Iklan Bukti Ilmiah
Sebagai variasi dari iklan pesan factual, pemasang iklan terkadang juga
menampilkan bukti ilmiah atau bukti teknis mengenai manfaat, kegunaan,
keampuhan, atau kehalalan suatu produk yang tengah diiklankan.
3. Iklan Demonstrasi
Iklan demonstrasi dirancang untuk menggambarkan keuntungan utama dari
suatu barang atau jasa yang diiklankan dengan cara menunjukan hal penggunaan
yang sesungguhnya.
4. Iklan Perbandingan
Perbandingan merek juga dapat digunakan sebagai dasar bagi eksekusi
kreatif iklan.
5. Iklan Kesaksian
Banyak pemasang iklan lebih menyukai pesan iklannya disampaikan melalui
cara kesaksian (testimony).
6. Iklan Cuplikan Kehidupan
Salah satu format penyajian iklan yang digunakan secara luas adalah iklan
mengenai cuplikan kehidupan yang dirancang berdasarkan pendekatan penyelesaian
masalah.
7. Animasi
Melalui teknik ini, gambar animasi dibuat oleh seniman atau menggunakan
komputer. Penggunaan teknik animasi untuk iklan semakin meningkat menyusul
perkembangan teknologi grafis berbasiskan komputer serta inovasi teknologi lainnya.
8. Simbol Personalitas
Dengan menggunakan suatu karakter sentral atau menggunakan seseorang atau
tokoh yang menjadi symbol dari suatu produk.
9. Fantasi
Iklan fantasi sangat cocok digunakan pada media TV karena penonton dapat
turut berfantasi bersama tayangan iklan yang disaksikannya.
10. Dramatisasi
Teknik ini lebih cocok untuk media TV. Iklan dramatisasi menekankan pada
penyampaian cerita pendek pada akhir cerita produk tengahj dipromosikanj,
tampil sebagai bintangnya.
11. Humor
Iklan dengan tema humor sering kali menjadi iklan yang popular dan paling
diingat oleh audiens.
12. Kombinasi
Dalam hal ini, berbagai iklan yang dieksekusi memerlukan tenaga kreatif
iklan yang bertanggungjawab untuk menentukan apakah akan menggunakan satu atau
menggambungkan berbagai teknik eksekusi kreatif tersebut.
mbk, masih kuliah ?
BalasHapusbagus
BalasHapus