Minggu, 03 November 2013

IKLAN INTERNET

IKLAN INTERNET



            Dalam sejarah teknologi komunikasi tidak ada media yang mampu menendingi internet dalam hal pertumbuhan jumlah penggunanya. Di Negara maju, internet mengalahkan seluruh media sebagai referensi untuk mendapatkan informasi.
            Internet dapat di definisikan sebagai suatu metode yang mendunia untuk saling tukar menukar informasi dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi.

SITUS WEB
            Situs web di internet adalah tempat informasi disediakan kepada pengguna internet oleh penyedia informasi (provider).

TUJUAN SITUS WEB
·         Penyebaran Informasi
Salah satu tujuan penting penggunaan situs web adalah menyediakan informasi secara lengkap dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan.
·         Menciptakan Kesadaran
Iklan melalui media internet terkadang lebih bermanfaat dalam menciptakan kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus menciptakan kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
·         Tujuan Riset
Bagian pemasaran suatu perusahaan sering kali menggunakan situs web untuk mengumpulkan data atau informasi mengenai profil konsumen.
·         Menciptakan Persepsi
Banyak perusahaan membangun situs web yang dirancang dengan tujuan untuk membangun persepsi perusahaan bersangkutan terhadap khalayaknya.
·         Percobaan Produk
Perusahaan ada kalanya menggunakan situs web nya untuk menawarkan kupon elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen agar bersedia mencoba produk mereka.
·         Meningkatkan Pelayanan
Banyak perusahaan merasakan manfaat situs web karena media ini mampu memberikan informasi dan menjawab pertanyaan pelanggan serta membuka kesempatan bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhannya.
·         Meningkatkan Distribusi
Sejumlah perusahaan dapat nekerja sama untuk saling menampilkan iklan produk mereka pada situs web mereka masing-masing.

FORMAT IKLAN INTERNET
§  Spanduk (Banner)
Bentuk iklan seperti ini sering digunakan pemasang iklan di internet dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran atau pengenalan terhadap suatu produk atau untuk tujuan pemasaran langsung.
§  Sponsorship
Format iklan di internet yang paling sering di gunakan setelah format spanduk adalah sponsorship, yaitu dukungan pemasang iklan pada suatu situs internet.
§  Pop-Up
Ketika anda membuka halaman situs web tertentu anda mungkin melihat jendela kecil yang tiba-tiba muncul. Jendela kecil yang menampilkan informasi dari pemasang iklan  tersebut dikenal dengan sebutan pop-up.
§  Iklan Sela
Iklans ela atau iklan antara adalah iklan yang tiba-tiba muncul di layar monitor ketika pengguna internet sedang menunggu munculnya proses download isi suatu situs web di internet.
§  Webcasting
Suatu bentuk iklan yang memungkinkan pemasang iklan secara proaktif mengirimkan pesannya kepada konsumen. Melalui cara ini, konsumen tidak dibiarkan mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan tetapi sebaliknya mereka secara personal menerima informasi yang dibutuhkan.
§  Link
Melalui model ini, seseorang yang mengunjungi suatu situs web dapat memperoleh informasi tambahan, jika ia mengetik suatu feature atau suatu ikon pada situs web yang akan menghubungkannya dengan sumber informasi lain yang berada di situs web yang lain.

KEUNGGULAN INTERNET
§  Target Konsumen Khusus
Kemampuan media secara efektif untuk membidik target konsumen yang spesifik atau khusus tanpa menimbulkan pemborosan media.
§  Pesan Khusus
Sebagai hasil dari mendapatkan target konsumen yang terarah, pesan dapat dirancang sedemikian rupa agar menarik dan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan target audiensi tertentu.
§  Kemampuan Interaktif
Kemampuan internet untuk melakukan komunikasi interaktif memungkinkan konsumen untuk lebih terlibat dengan produk yang ditawarkan perusahaan.
§  Akses Informasi
Keuntungan terbesar internet sebagai media adalah kemempuannya untuk menyediakan informasi kepada penggunanya. Para pengguna internet dapat mencari informasi apa saja dengan menggunakan situs web Yahoo atau Google.
§  Kreativitas
Suatu8 situs web yang dirancang menarik dan kreatif dapat mendorong atau meningkatkan persepsi atau citra positif perusahaan sehingga konsumen akan tertarik untuk berkunjung kembali.
§  Ekspos Luas
Melalui internet perusahaan akan mendapatkan perhatian dari konsumen nasional bahkan internasional dalam waktu yang sangat cepat.
§  Kecepatan
Internet adalah instrument paling cepat untuk mendapatkan informasi tersebut.

KETERBATASAN INTERNET
§  Jumlah Audiensi
Internet tidak menyediakan data yang akurat mengenai jumlah audiensi pengguna internet atau jumlah orang yang berkunjung pada satu situs web.
§  Karakteristik Audiensi
Tidak tersedianya data akurat mengenai jumlah audiensi menyebabkan sulitnya mengetahui karakteristik audiensi.
§  Proses lambat
Proses membuka situs web untuk mendapatkan informasi (download) terkadang berjalan lambat. Hal ini biasanya terjadi jika situs web harus menerima bnayak pengunjung dalam waktu yang bersamaan.
§  Penipuan 
Saat ini internet belum menjadi media yang sepenuhnya aman terhadap kemungkinan  penipuan.
§  Biaya
Ongkos yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bisnis di internet cenderung semakin meningkat, terlebih jika perusahaan menginginkan situs web yang menarik dan dapat menimbulkan persepsi positif di mata khalayak. 
§  Jangkauan Terbatas

Statistic menunjukan bahwa hanya sebagian kecil web site yang dapat dijangkau oleh mesin pencari dan sebagian besar pengunjung internet ternyata hanya berkunjung pada 50 situs teratas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar