Sabtu, 02 November 2013

PERENCANAAN MEDIA

PERENCANAAN MEDIA



Perencanaan media yang di persiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian yang lebih besar dari target audiensi. Jenis produk (barang & jasa) yang diiklankan juga mempengaruhi pemilihan media.
Pada umumnya, perusahaan menggunakan lebih dari satu media untuk berpromosi kecuali anggaran media perushaaan bersangkutan lebih kecil. Penggunaan berbagai media ini disebabkan beberapa alasan. Pertama, media yang berbeda memiliki cara penyampaian pesan yang berbeda. Kedua, penggunaan satu media tunggal jarang sekali mampu menjangkau setiap individu yang menjadi target audiensi. Ketiga, strategi media sering kali meminta penggunaan lebih dari satu media.     
Dengan demikian, definisi perencanaan media adalah suatu proses untuk mengambil sejumlah keputusan. Perencanaan media menjadi panduan bagi seleksi media.
LANGKAH 1 : MENENTUKAN AUDIENSI SASARAN
            Tugas perencanaan media adalah memilih kendaraan media dan menentukan pasar dengan konsumen yang memiliki sifat atau karakteristik paling sesuai dengan konsumen sasaran. Kendaraan media adalah pembawa pesan tertentu yang berada dalam suatu kategori medium. Misalnya Kompas adalah kendaraan media cetak sedangkan RCTI adalah kendaraan media elektronik. Semakin besar persamaannya, maka akan semakin baik. Dalam hal ini harus diperhatikan bagaimana audiensi suatu media berbeda dengan populasi umum lainnya. Misalnya, jika audiensi sasaran atau target audiensi suatu kendaraan media memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk mengonsumsi suatu produk, maka kendaraan media bersangkutan dapat dipertimbangkan digunakan menyampaikan pesan.
MENENTUKAN CDI & BDI
            Salah satu keputusan penting yang harus di ambil perencana media adalah menentukan bagaimana anggaran iklan harus dibagi atau didistribusikan di antara keseluruhan wilayah pemasaran dimana produk perusahaan dipasarkan. Untuk mengetahui wilayah mana yang memiliki tingkat penjualan yang lebih baik sehingga dapat diketahui media apa saja yang dapat digunakan secara lebih efektif mendukung komunikasi pemasaran di suatu wilayah, kita menggunakan CDI (Category development index) yaitu suatu indicator angka tingkat konsumsi relative pada suatu wilayah pasar dari suatu kategori produk tertentu.
            Sedangkan untuk mengetahui tingkat konsumsi terhadap suatu merek produk tertentu kita menggunakan metode ‘indeks perkembangan merek’ atau BDI (brand development index) yaitu suatu indicator angka dari perkembangan suatu merek tertentu pada suatu pasar relative terhadap pasar lainnya dimana merek itu dijual.
LANGKAH 2 : MENENTUKAN TUJUAN MEDIA
            Tujuan media menggambarkan apa yang ingin dicapai suatu perusahaan berkenaan dengan penyampaian pesan suatu merek produk. Tujuan komunikasi pemasaran menjelaskan apa yang diinginkan perusahaan atas pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen terhadap produk perusahaan. tujuan media menjelaskan bagaimana pemasar menyampaikan pesannya kepada konsumen sedemikian rupa sehingga pesan menghasilkan efek terhadap pikiran, perasaan, dan tindakan konsumen.
ANGGARAN IKLAN
            Salah satu keputusan penting dalam perencanaan strategi media adalah soal anggaran. Biaya ikaln dan biaya promosi dapat dikelompokan dalam dua kategori, yaitu :
v  Biaya absolut. Yaitu biaya yang diperlukan untuk menempatkan iklan pada suatu media massa. Misalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk menempatkan iklan satu halaman penuh berwarna (full color) di suatu majalah.
v  Biaya relatif. Adalah biaya yang mengacu pada hubungan antara biaya yang harus dibayar untuk waktu atau tempat yang disediakan media dengan jumlah audiensi yang diperkirakan akan menerima pesan iklan.
LANGKAH 3 : MENETAPKAN STRATEGI MEDIA
            Tahap selanjutnya adalah menentukan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut yang dapat dilakukan dengan merencanakan dan melaksanakan strategi media. Duncan mengemukakan pengertian strategi media sebagai : idea tau gagasan mengenai bagaimana tujuan media akan dicapai melalui seleksi berbagai kombinasi media. Menurutnya setiap tujuan media dapat memiliki lebih dari satu strategi media. Strategi media menjelaskan antara lain bauran media yang membahas mengenai media apa yang akan digunakan dan seberapa banyak.
LANGKAH 4 : MENETAPKAN JADWAL MEDIA

            Perencanaan media harus dapat melakukan penjadwalan atau scheduling yang tepat kapan suatu iklan harus muncul di media amssa. Tujuan utama dari penjadwalan ini menurut Belch adalah mengatur waktu berbagai kegiatan promosi yang bertepatan dengan potensi waktu pembelian tertinggi. Ini berarti perencanaan media harus memilih kapan waktu yang paling tepat agar pesan iklan dapat diterima oleh sebanyak mungkin target konsumen. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar