Minggu, 03 November 2013

Media Massa

MEDIA MASSA
Media massa (mass media) singkatan dari MedianKomunikasi Massa yaitu sarana, channel, atau media, untuk berkomunikasi kepada publik. 
Media massa merupakan sumber informasi, hiburan, dan sarana promosi (iklan). 

KATEGORI MEDIA 
Jenis-jenis Media Massa 

    • Media Cetak, surat kabar/koran, majalah, buku
    • Media Elektronik, Televisi, radio, video, film
    • Media Online, internet
FUNGSI MEDIA MASSA :
a.    Fungsi pengawasan (surveillance)
Fungsi ini terdiri dari  2 bentuk utama, yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental. Media massa menjalankan fungsi pengawasan peringatan, jika menginformasikan tentang ancaman yang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bencana alam, serangan militer, inflasi dan krisis ekonomi. Fungsi pengawasan instrumental dari media massa jika informasi yang disampaikan memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari.
b.   Fungsi penafsiran (interpretation)
Fungsi ini dijalankan jika media selain menyampaikan fakta dan data kepada khalayak, juga memberi penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Media memilih dan memutuskan peristiwa-peristiwa mana yang layak dan yang tidak layak disajikan.
c.    Fungsi keterkaitan (linkage)
Media massa dapat menjadi alat pemersatu anggota masyarakat yang beragam sehingga membentuk pertalian berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.
d.   Fungsi penyebaran nilai (transmission of values)
Fungsi ini disebut juga sosialisasi. Media massa memperlihatkan kepada khalayak tentang bagaimana seharusnya mereka bertindak dan apa yang diharapkan mereka.

e.   Fungsi hiburan (entertainment)
Fungsi hiburan selalu dijalankan oleh setiap media massa. Media yang sangat jelas menjalankan fungsi ini adalah televisi,  radio dan tabloid.

Media Cetak
v  Kelebihan :
Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya.
Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
v  Kekurangan :
Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
Tidak adanya audio, media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar.
Visual yang terbatas, media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
Produksi, biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.

KARAKTERISTIK SURAT KABAR 
A. Publisitas 
     Penyebaran pada publik atau khalayak 
B. Periodesitas 
     menunjuk pada keteraturan terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan
C. Universalitas 
     menunjuk kepada kesemestaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia
D. Aktualitas 
     laporan tercepat menunjuk kepada kekinian atau terbaru dan masih hangat
E. Terdokumentasikan 
     apabila suatu berita di anggap penting oleh suatu pihak atau instansi, maka dapat di klipingkan atau di 
     arsipkan

Media Elektronik
v  Kelebihan :
Cepat, dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita.(khusus televisi)
Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
v  Kekurangan :
Tidak ada pengulangan, media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan.

KARAKTERISITIK RADIO SIARAN 
A. Auditori 
     sifat auditori itu sebagai konsekuensi dari radio siaran untuk di dengar
B. Radio is the Now
     ditinjau dari nilai aktualitas berita, radio siaran dibandingkan dengan media lainnya adalah yang paling
     aktual.selain hitungannya dalam detik, proses penyampaian pesannya lebih simpel
C. Imajinatif 
     hanya indra pendengaran yang gunakan oleh khalayak oleh karena itu khalayak dipaksa untuk berpikir
     imajinatif
D. Akrab
     seorang penyiar radio seolah dekat dengan khalayak dan menemani pendengar yang sedang belajar,
     bekerja, atau sedang dalam perjalanan
E. Gaya Percakapan
     Keep it simple, Keep it short, Keep it conversational adalah rumus-rumus penulisan berita radio
F. Menjaga Mobilitas
    kita jarang mendengarkan radio dengan secara sengaja meluangkan waktu untuk duduk dan 
    mendengarkan, kita biasanya mendengar radio sambil bekerja, belajar, atau sedang di mobil. jadi 
    mobilitas pendengar terjaga karena pendengar tidak meninggalkan aktivitas mereka ketika 
    mendengarkan radio 

Media Online

Sama halnya dengan telepon, yang memungkinkan wartawan mewawancarai orang dimanapun orang itu berada. jaringan komunikasi elektronik juga memungkinkan wartawan mencari dimana seseorang berada dan mendapatkan informasi dari berbagai tempat diseluruh dunia. pendeknya informasi melalui jaringan komputer (internet) sangat memudahkan wartawan dalam menjalankan tugas nya di mana pun ia berada. 

v  Kelebihan :
Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
v  Kekurangan :
Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.



Referensi Buku :
Buku Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu – Morrisan, M.A
Buku Manajemen, Kiat, dan Strategi – Kustadi Suhandang 
Buku Komunikasi Massa, Suatu Pengantar Edisi Revisi, Dr. Elvinaro Ardianto, M.si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar