Minggu, 03 November 2013

STRATEGI KREATIF IKLAN

STRATEGI KREATIF IKLAN


            Sebagian kalangan praktisi periklanan menilai kreativitas dalam periklanan bukanlah sesuatu yang muncul secara tiba-tiba, tetapi merupakan suatu proses. Kemungkinan paling besar untuk memproduksi iklan yang kreatif dan sukses adalah melakukan sejumlah langkah yang terorganisasi yang baik.
1.      Persiapan, yaitu kegiatan mengumpulkan informasi latar belakang yang diperlukan untuk emmecahkan amsalah melalui riset dan studi.
2.      Inkubasi, yaitu ptoses mengembangkan idea tau aggasan
3.      Iluminasi, upaya mencari pemecahan masalah
4.      Verifikasi, yaitu upaya memeperbaiki idea tau aggasan dan menentukan jika idea tau gagasan tersebut merupakan solusi yang tepat.

KREATIVITAS IKLAN
            Kreativitas adalah salah satu kata yang mungkin paling sering dan umum digunakan dalam industry periklanan. Iklan bahkan kerap disebut dengan kata “kreatif” saja. Mereka yang terlibat dalam produksi iklan sering disebut dengan tim kreatif.

EKSEKUSI KREATIF
            Eksekutif kreatif adalah cara bagaimana suatu daya tarik iklan disajikan. Iklan yang memiliki daya tarik dan memiliki pesan yang bermakna merupakan hal yang jelas penting, namun cara bagaimana suatu eksekusi kreatif iklan dilaksanakan adalah tidak kalah pentingnya.
Suatu pesan iklan dapat disajikan atau dieksekusi dalam berbagai macam cara yaitu :
1.      Iklan Pesan Faktual
Jenis iklan ini menekankan pada penyajian atau presentasi pesan iklan mengenai suatu barang atau jasa secara langsung.
2.      Iklan Bukti Ilmiah
Sebagai variasi dari iklan pesan factual, pemasang iklan terkadang juga menampilkan bukti ilmiah atau bukti teknis mengenai manfaat, kegunaan, keampuhan, atau kehalalan suatu produk yang tengah diiklankan.
3.      Iklan Demonstrasi
Iklan demonstrasi dirancang untuk menggambarkan keuntungan utama dari suatu barang atau jasa yang diiklankan dengan cara menunjukan hal penggunaan yang sesungguhnya.
4.      Iklan Perbandingan
Perbandingan merek juga dapat digunakan sebagai dasar bagi eksekusi kreatif iklan.
5.      Iklan Kesaksian
Banyak pemasang iklan lebih menyukai pesan iklannya disampaikan melalui cara kesaksian (testimony).  
6.      Iklan Cuplikan Kehidupan
Salah satu format penyajian iklan yang digunakan secara luas adalah iklan mengenai cuplikan kehidupan yang dirancang berdasarkan pendekatan penyelesaian masalah.
7.      Animasi
Melalui teknik ini, gambar animasi dibuat oleh seniman atau menggunakan komputer. Penggunaan teknik animasi untuk iklan semakin meningkat menyusul perkembangan teknologi grafis berbasiskan komputer serta inovasi teknologi lainnya.
8.      Simbol Personalitas
Dengan menggunakan suatu karakter sentral atau menggunakan seseorang atau tokoh yang menjadi symbol dari suatu produk.
9.      Fantasi
Iklan fantasi sangat cocok digunakan pada media TV karena penonton dapat turut berfantasi bersama tayangan iklan yang disaksikannya.
10.  Dramatisasi
Teknik ini lebih cocok untuk media TV. Iklan dramatisasi menekankan pada penyampaian cerita pendek pada akhir cerita produk tengahj dipromosikanj, tampil sebagai bintangnya.
11.  Humor
Iklan dengan tema humor sering kali menjadi iklan yang popular dan paling diingat oleh audiens.
12.  Kombinasi

Dalam hal ini, berbagai iklan yang dieksekusi memerlukan tenaga kreatif iklan yang bertanggungjawab untuk menentukan apakah akan menggunakan satu atau menggambungkan berbagai teknik eksekusi kreatif tersebut. 

2 komentar: